Sedang memuat 7 Metode Unlock Android ! Mana yang Paling Aman Menurut Kamu ? ...

Metode Unlock Android – Kami yakin jika kamu telah memperhatikan bahwa Android memiliki banyak opsi yang ditujukan untuk membuat perangkat lebih aman. Salah satu dari sejumlah fitur tersebut adalah metode yang berbeda untuk membuka kunci layar: pola, PIN, kata sandi, iris scan dan sidik jari.

Nah, di bawah ini kami akan menjelaskan tujuan dari tips dan trik ini, dan kemudian dapat memilih metode membuka kunci yang paling praktis untuk kamu gunakan dan tentu yang paling aman untuk Android Kamu.

7 Metode Unlock Android

Metode Unlock Android
Metode Unlock Android

Tanpa perlu lama-lama inilah ulasan mengenai 7 Metode Unlock Android. Menurut kamu mana yang paling aman ?

Metode Unlock Android dengan Pengenalan wajah

Pengenalan wajah bukan sesuatu yang baru lagi. Fitur ini pertama kali ada di Android dengan versi Ice Cream Sandwich, yang juga dikenal dengan Android 4.0. Fitur ini menggunakan kamera depan perangkat untuk mengambil foto wajah Kamu dan kemudian menggunakan foto itu sebagai garis dasar untuk membuka kunci perangkat Kamu. Namun sepertinya fitur ini memiliki tingkat keamanan yang dipertanyakan, dengan lebih banyak kontra daripada pro.

Salah satu masalah terbesar adalah pencahayaan harus ideal agar kamera depan bisa memotret wajah kamu. Ini semua tergantung dari kualitas kamera dan bagaimana wajah kamu diletakkan di depannya. Ada fitur serupa yang ada di iPhone X, dan produsen mungkin mengemasnya kembali dan menyebutnya sebagai fitur baru, tapi jangan biarkan mereka membodohi Kamu.

Metode Unlock Android dengan Pemindai sidik jari

Fitur ini pasti akan menjadi pilihan favorit buat kamu. Tentunya, seberapa baik kerjanya tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas sensor dan penempatannya. Kualitas, dalam hal ini, berarti kecepatan sensor membaca jari Kamu. Ini sangat bervariasi antar perangkat, serta permukaannya yang tahan gores. Ada mekanisme otentikasi biometrik tertentu yang menjadi lebih cepat sehingga semakin Kamu menggunakannya maka semakin cepat sensor terbaca. Namun, untuk memiliki fitur ini ponsel atau smartphone harussudah mendukung sensor sidik jari yaa guys.

Untuk penempatan sensor, akan lebih mudah jika berada di bagian depan bawah layar, di samping tombol power, atau tergantung selera kamu masing-masing.

Sedangkan untuk keamanan, fitur ini mungkin adalah metode yang paling aman untuk saat ini. Sebab cukup sulit bagi pembaca sidik jari untuk mudah diretas. Selanjutnya, sensor dikembangkan untuk mengenali panas tubuh dan pergerakan darah pengguna, yang berarti Kamu tidak dapat menggunakan jari “mati” untuk membuka kunci Android.

Metode Unlock Android dengan Iris scanner

Seperti halnya pengenalan wajah, masih belum banyak yang yakin menggunakan pemindai iris untuk membuka kunci perangkat. Fitur ini pada dasarnya melakukan hal yang sama seperti pembaca sidik jari, dan memerlukan perangkat untuk memiliki kata sandi kedua yang terdaftar jika Kamu tidak bisa membiarkan ponsel Kamu terkunci. Nah, perlu kamu ketahui pada smartphone Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8, pemindai sidik jari dan iris tidak dapat diaktifkan bersamaan. Dengan kata lain, metode unlock kedua harus berupa PIN atau kata sandi alfanumerik.

Agak sedikit berbeda dengan fitur pengenalan wajah fitur ini tidak akan melambat saat mengenali mata pengguna, meski dalam kondisi kurang cahaya.

Sistem yang memindai iris Kamu juga perlu diintegrasikan sepenuhnya ke dalam pembaca sehingga bereaksi cepat dan tidak mudah di-hack. Secara teknis, sistem ini setara dengan pembaca sidik jari dalam hal keamanan namun kalah dalam hal kegunaan.

Metode Unlock Android dengan Smart Lock

Smart Lock diperkenalkan di Android 5.0 Lollipop, dan telah diperbarui seiring dengan munculnya versi terbaru. Apa yang Smart Lock lakukan sangat sederhana, yang mana fitu ini akan membuat perangkat Kamu tidak terkunci – sesuai dengan lokasi Kamu, suara, perangkat atau keberadaan Kamu.

Pilih lokasi tepercaya, seperti rumah atau kantor Kamu, dan saat Kamu berada di tempat itu, perangkat Kamu akan terkunci tanpa harus menggunakan metode ini. Kamu juga dapat menggunakan perangkat Bluetooth sebagai lokasi tepercaya.

Saat ini, Smart Lock juga bisa dipasang sehingga ponsel Kamu tetap terkunci meski ada di saku Kamu. Ingatlah bahwa setiap orang dapat mengakses telepon Kamu saat berada di salah satu lokasi tepercaya, atau bahkan terhubung ke perangkat Bluetooth.

Metode Unlock Android dengan PIN

PIN adalah kombinasi angka tradisional, dan panjangnya bergantung pada versi Android yang Kamu miliki. Fitur ini mungkin pilihan keamanan utama, berbeda dari pilihan lain yang disajikan di sini. PIN juga terbatas dalam pemulihannya jika Kamu lupa. Kamu mungkin harus menghabiskan berjam-jam mencoba membuka kunci perangkat Kamu.

Metode Unlock Android dengan Pola

Pola, atau desain, adalah fitur unik pada ponsel Android dan sudah ada dari dulu. Kamu bisa menggunakannya dikombinasikan dengan PIN jika Kamu mau, tapi itu benar-benar sistem keamanan yang layak.

Metode Unlock Android dengan Kata sandi

Kata sandi adalah metode membuka awalan tertua, dan ini merupakan metode paling aman bagi banyak pengguna. Kamu dapat menggunakan kombinasi angka dan huruf untuk membuka kunci perangkat. Sistem pemulihan sangat bervariasi, namun secara umum bisa sama sulitnya memulihkan kata sandi karena ini adalah PIN.

Menurut kamu, Metode manakah yang terbaik untuk membuka kunci Android?

Pemindai iris, Smart Lock dan pengenalan wajah adalah metode keamanan gratis atau sekunder. Dan saat ini, metode ini tidak cukup baik untuk digunakan sebagai satu-satunya cara untuk melindungi telepon kesayangan kamu. Artinya Kamu harus mendaftarkan PIN, pola atau kata sandi sebagai pilihan utama Kamu. Pemindai iris memiliki fitur lain yang menjengkelkan juga: pembatasan dan ketersediaan. Hanya ada beberapa model di pasaran saat ini yang hadir dengan fitur ini.

Baca juga :

Pembaca sidik jari juga merupakan fitur gratis, namun merupakan fitur yang tersedia pada kebanyakan model mid-range, meskipun kegunaannya sangat menarik. Metode ini juga memiliki kesalahan pengenalan yang lebih sedikit. Namun demikian, Kamu dapat mengandalkan pilihan yang lebih tradisional, yang juga paling aman, karena mereka tidak memerlukan perlindungan lapis kedua. Dalam hal kepraktisan dan keamanan, Kami akan tetap menggunakan PIN, kata sandi atau pola.

Pilihan mana yang akan kamu gunakan di Android Kamu? Menurut Kamu metode mana yang paling aman?

Tags:

7 Metode Unlock Android ! Mana yang Paling Aman Menurut Kamu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *