Tips dan Trik Samsung Galaxy S8 – Sebagaimana sebagian dari kamu tahu, Samsung mengumumkan Galaxy S8 dan Galaxy S8 + pada tanggal 29 Maret diikuti dengan rilis pada tanggal 21 April. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan dalam sebuah ulasan, tentang beberapa keunggulan yan di miliki oleh smartphone tersebut.

Beberapa fitur Galaxy S8 mungkin sudah banyak yang sudah tahu, namun ada beberapa yang fitur lain yang belum di ketahui. Nah ulasan ini kami beri judul tips dan trik Samsung Galaxy S8, yang tentunya perlu untuk kamu ketahui.

10 Tips dan Trik Samsung Galaxy S8

Tips dan Trik Samsung Galaxy S8
Tips dan Trik Samsung Galaxy S8

Tanpa perlu berlama-lama mari kita simak ulasan tentang Tips dan Trik di bawah ini :

1. Aktifkan Edge Lighting ( Penerangan pada sisi tepi )

Aktifkan Edge Lighting
Aktifkan Edge Lighting

Jika Kamu telah menggunakan salah satu perangkat Samsung Edge sebelumnya, mungkin Kamu sudah tahu apa itu fitur pencahayaan Tepi. Fitur ini juga dibangun ke dalam Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Dan yang mengejutkannya lagi karena perangkat yang lebih baru tidak melengkung seperti pendahulunya. Karena tidak melengkung, fitur pencahayaan Edge tidak begitu terang. Tapi mungkin masih layak untuk mengaktifkan fitur ini jika Kamu merasa hal ini bermanfaat. Kamu bisa mengaktifkannya dengan masuk ke menu Settings => Edge Screen => Edge lighting. Nah! disitu, Kamu bisa memutuskan apakah akan menunjukkan penerangan Edge saat layar menyala, saat layar mati atau tidak.

2. Ganti Masker Layar Pada Iris Scanner

Ganti Masker Layar Pada Iris Scanner
Iris Scanner

Pengaturan default untuk membuka Galaxy S8 dan S8 + Kamu dengan pemindai iris adalah fitur biometrik yang begitu mengesankan. Akan tetapi, Samsung membuatnya semakin menarik dengan menambahkan topeng layar kartun ke pemindai iris. Kamu bisa mengaturnya dengan membuka aplikasi Settings => Lock screen and security => Iris Scanner => Preview screen mask => (Pilih mask). Setelah fitur ini diaktifkan, Kamu bisa melihat beberapa pilihan kartun yang menyenangkan untuk pemindai iris.

3. Sesuaikan Selalu Di Display ( always-on-display )

always-on-display s8
always-on-display s8

Mungkin kamu pernah memperhatikan, layar Galaxy S8 dan Galaxy S8 + selalu aktif dalam mode daya rendah. Modus daya rendah menunjukkan waktu, tanggal, kontrol media dan pemberitahuan aplikasi pada layar. Kamu dapat menyesuaikan Always-on-display dengan membuka Settings => Lock screen and security => Always on display. Di menu tersebut, Kamu bisa mengatur tata letak jam, warna dan latar belakang foto. Dan Kamu juga bisa mengatur waktu menon aktifkan fitur ini, yang bisa berguna jika Kamu tidak ingin melihat tampilan menyala saat Kamu sedang tidur.

4. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Untuk memperpanjang masa pakai baterai di Samsung Galaxy S8, Kamu bisa melakukan penyesuaian terhadap mode hemat daya. Mode hemat daya bisa Kamu lihat di bawah Settings => Battery. Kemudian Kamu juga bisa memilih Mid atau Max untuk memperpanjang masa pakai baterai hingga beberapa waktu. Memilih Max menonaktifkan sebagian besar aplikasi dan hanya menampilkan layar kosong, namun perangkat Kamu bisa bertahan beberapa jam dengan persentase baterai satu digit saat berada dalam mode ini. Sedangkan pada Modus Mid menurunkan kecerahan dan fitur nonaktifkan sementara seperti layar Always On. Fitur hebat lainnya di menu ini adalah monitor daya App, yang memungkinkan Kamu memilih aplikasi yang ingin Kamu hentikan menggunakan baterai saat berada dalam mode daya rendah.

5. Aplikasi mode layar penuh

Apa yang membuat perangkat Galaxy S8 dan S8 + unik adalah “Infinity Displays” yang terang dan mendalam. Dan untuk memaksimalkan tampilan Galaxy S8 yang elegan, Samsung menambahkan kemampuan ke aplikasi layar penuh. Kamu dapat menampilkan aplikasi layar penuh dengan membuka aplikasi Settings => Display => aplikasi layar penuh. Di situ, Kamu bisa memutuskan aplikasi mana yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan untuk layar penuh.

Alasan lain mengapa fitur ini berguna adalah rasio aspek display pada Galaxy S8 dan S8 + adalah 18,5: 9. Hal ini menyebabkan bar hitam besar muncul di sisi aplikasi dan video. Sebagian besar aplikasi dan video menggunakan rasio standar 16: 9, namun mode layar penuh dapat menyingkirkan bilah hitam di sampingnya. Keren bukan ?

6. Mengatur Bluetooth Dual Audio

Samsung Galaxy S8 dan S8 + adalah smartphone pertama yang dikirimkan dengan Bluetooth 5.0, yang mana Bluetooth 5.0 telah memperbaiki audio dan jangkauan. Kamu bisa melakukan streaming audio ke dua set headphone atau speaker secara bersamaan. Kamu juga bisa mengatur ini dengan membuka aplikasi Setelan => Sambungan => Aktifkan Bluetooth => ketuk tiga titik di pojok kanan atas => Dual Audio => Pair dua set headphone atau speaker.

7. Set up sensor sidik jari

Set Up Sidik Jari
Set Up Sidik Jari

Sebuah fitur praktis yang dibangun ke Galaxy S8 dan Galaxy S8 + adalah gestur sensor jari. Ini memungkinkan akan Kamu menggesek pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat untuk menurunkan bayangan pemberitahuan. Dan menggesek sensor sidik jari meluncurkan Samsung Pay. Kamu dapat mengatur fitur finger ini dengan membuka aplikasi Settings => Advanced features => Finger sensor gestures.

8. Mengaktifkan mode satu tangan

Mengaktifkan mode satu tangan
one Hand On

Nah, jika Kamu ingin mempermudah penggunaan Samsung Galaxy S8 atau S8 + dengan satu tangan, Kamu bisa mengatur One Handed Mode. Pada dasarnya, fitur ini membuat tampilan lebih kecil. Kamu dapat mengaturnya dengan membuka Pengaturan => Fitur Lanjutan => One Handed Mode. Setelah fitur ini diaktifkan, Kamu bisa mengaktifkan One Handed Mode dengan mengetuk tombol Home sebanyak 3 kali.

9. Tangkapan Layar / Screenshoot

Terkadang saat Kamu melihat gambar yang kamu sukai saat menggunakan ponsel, Kamu ingin mengambil tangkapan layar dan mengirimkannya ke teman terdekat atau ke sosial media. Kamu bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol Power dan kemudian menekan tombol volume bawah.

Namun, ada juga cara untuk mengatur Palm swipe untuk menangkap. Ini bisa ditemukan dengan masuk ke Settings => Advanced features => Palm swipe untuk capture. Setelah fitur ini diaktifkan, Kamu dapat menggesek tepi tangan Kamu secara horisontal dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan untuk menangkap tangkapan layar.

Screenshoot s8
Screenshoot s8

Jika Kamu ingin mengambil tangkapan layar lebih besar untuk menangkap konten di bawah dan di bagian atas, Kamu dapat melakukannya dengan memilih tangkapan Gulir. Setelah mengambil tangkapan layar, Kamu akan melihat fitur Scroll capture dari pilihan yang muncul di bagian bawah layar. Saat Kamu menekan tombol ambil Gulir, Kamu dapat terus menurunkan halaman sampai Kamu selesai menangkap gambar berukuran lebih panjang.

10. Menghidupkan Stabilisasi Video

Untuk mencegah video goyah pada saat merekam, Samsung Galaxy S8 memiliki mode stabilisasi video. Kamu dapat mengaktifkannya dengan membuka aplikasi kamera dan mengetuk menu Setelan di bagian kanan atas. Dari sana, pilih stabilisasi Video di bawah bagian Umum. Tapi perlu disebutkan bahwa mode stabilisasi video tidak bekerja saat Kamu merekam video dalam resolusi qHD.

Itulah 10 Tips dan Trik Samsung Galaxy S8 yang kami rasa akan sangat bermanfaat bagi kamu yang kurang mengetahui segala hal yang ada di smartphone Galaxy S8.

Tags:

Inilah 10 Tips dan Trik Samsung Galaxy S8 Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */